PUTRI MANDALIKA

Cerita Rakyat - Putri Mandalika

Pada zaman dahulu kala di pantai selatan pulau lombok berdirilah kerajaan yang bernama Tonjang Beru. Kerajaan tersebut diperintah oleh sang Raja Tonjang Beru dengan permaisurinya Dewi Seranting, Raya Tonjang Beru terbilang arif dan bijaksana. Seluruh rakyatnya hidup makmur, aman dan sentosa Raja Tonjang Beru memiliki seorang putri cantik jelita yang terkenal ramah, sopan, dan bertutur bahasa lembut bernama Putri Mandalika.
Pesona Putri Mandalika sampai ke negeri sebrang. para pangeran dari berbagai kerajaan telah mendengar berita tersebut. Kemudian datang bergantian untuk melamar sang putri, namun tak satupun pangeran yang melamar ia terima. Maka mereka pun bersepakat mengadu keberuntungan melalui peperangan, siapa yang menang dalam peperangan tersebut, maka ia yang berhak memperistri sang putri.
Suatu hari berita akan terjadinya peperangan antara beberapa kerajan sampai ketelinga Raja Tonjang Beru , segera raja memangil putrinya untuk membicarakan masalah tersebut “wahai putriku, ayahanda mendengar bahwa di negeri ini akan terjadi peperangan antara pangeran yang ingin memperebutkanmu, mereka bersepakat siapa yang memenangkan peperangan itu akan bersepakat menjadi suami mu." Putri Mandalika menjawab “Putri sudah mendengar berita itu ayahanda” Raja bertanya lagi kepada Putrinya “lalu apa yang akan kita lakukan ?” Putri kembali menjawab “maafkan putri ayahanda, ini semua salah putri , karena telah menolak semua lamaran mereka, jika ayahanda berkenan izinkan putri menyelesaikan semua masalah ini“  Raja pun menyetujui permintan putrinya.
Dalam renungan panjangnya, Putri Mandalika mengambil keputusan bijaksana untuk memilih mengorbankan jiwa dan raganya, ia siap merelakan jiwanya demi menghindari terjadinya peperangan yang akan memakan korban yang lebih banyak , namun sebelum melaksanakan niatnya, sang putri melakukan semedi terlebih dahulu dalam semedinya ia mendapat wangsit agar mengundang semua pangeran dalam pertemuan pada tanggal 20 bulan 10 penangalan sasak di pantai Seger Kuta Lombok Tengah
Semua pangeran yang diundang harus disertai seluruh rakyatnya dan datang sebelum matahari terbit. Ketika hari yang ditentukan tiba, tampaklah pemandangan yang sangat menarik, ribuan undangan dari berbagai negeri berbondong-bondong datang ke pantai Seger Kuta. Ketika sang Putri tiba ditempat dengan di usung menggunakan usungan yang berlapis emas, seluruh undangan serentak memberi hormat pada sang Putri, tidak beberapa lama sang Putri melangkah beberapa kali, lalu berhenti di onggokan batu membelakangi laut lepas ditempat ia berdiri Putri Mandalika kemudian menebarkan pandanganya ke sekuruh undangan yang jumlahnya ribuan itu “wahai ayahanda dan ibunda serta semua rakyat Tonjang Beru yang aku cintai , setelah akau pikirkan dengan matang aku memutuskan bhwa diriku untuk kalian semua , aku tidak bias memilih satu diantara banyak Pangeran , diriku telah ditakdirkan menjadi Nyale yang dapat kalian nikmati bersama pada bulan dan tanggal saat munculya Nyale di permukaan laut“ belum sempat ayahanda dan ibunda nya berkata-kata sang Putri menceburkan diri ke dalam laut dan langsung tengelam.
Tak lama kemudian, tiba-tiba bermunculan binatang kecil yang jumlahnya sangat banyak dari dasar laut . binatang tersebut disebut dengan nyale , seluruh masyarakat yang menyaksikan peristiwa tersebut meyakini bahwa nyale tersebut adalah jelmaan Putri Mandalika, sesuai pesan sang Putri mereka pun beramai-ramai dan berlomba-lomba mengambil binatang itu sebanyak-banyaknya untuk dinikmati sebagi tanda cinta kasih pada sang Putri

* nyale adalah cacing laut.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "PUTRI MANDALIKA"

  1. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/06/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-bakso.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    ReplyDelete